“PANDU TANGGUH” DARI BOGOR

“ Hai teman-teman ada biawak, ayo kita lihat lebih dekat !”, teriak Lina sambil menghampiri seekor biawak sungai. lain lagi dengan Rayhan ketika merayap di “lorong Komodo” kak ada kataknya !. Rayhan baru pertama kali melihat katak dengan sangat dekat bahkan bermandi lumpur bersama katak. Rizki kelas 3A sumringah ketika berhasil melewati sebuah jembatan bambu yang dibawahnya ada sungai yang cukup deras, padahal hampir saja ia terjatuh beberapa saat sebelum mencapai tepi sungai. “Allahu Akbar ! wow menegangkan sekali !” tukas Rizki tersenyum dibalik wajahnya yang masih kelihatan tegang. Naufal Kelas 3B berkomentar seru ketika melewati sungai padahal sungainya cukup dalam hampir 2 kali tinggi badannya.

Itulah sekilas cerita dibalik sebuah acara “Expedisi UQ” yang dilakukan Pandu SIT unit SDIT Ummul Quro Bogor Sabtu 23 Februari 2008. Kegiatan ini bertemakan “Pandu Tangguh” yang berarti Pandu Tanggung jawab dan Sungguh-sungguh. “selain mereka lebih dekat dengan alam harapan kami setelah acara ini siswa kami lebih berani, disiplin tangguh , tanggung jawab terhadap diri sendiri dan lingkungan juga sungguh-sungguh dalam belajar dan ibadah”. jelas kak Adi Priatna. S.P sebagai ketua Pelaksana kegiatan ini.

Program ini adalah salah satu cara untuk mengevaluasi hasil pembelajaran kepanduan selama lebih dari satu Semester yang meliputi kemampuan PBB, Medical, Herbarium, Tali temali, sandi-sandi, games bermakna Islami dll. Sebagai bentuk reward bagi siswa adalah kenaikan jenjang PSIT dari Cikal Mula ke Cikal Muda dengan penyematan slayer tanda jenjang.

Dalam kegiatan ini, para cikal muda harus melalui berbagai pos. Pos pertama evaluasi PBB, antara Pos-1 dan Pos-2 siswa di tugaskan untuk mengikuti petunjuk arah sambil mencari makanan mentah yang sudah disebar oleh panitia sebagai pembelajaran basic survival dan keterampilan mengamati lingkungan. Pos Ke -2 siswa harus melewati jembatan Burma yang melewati sungai sepanjang 8 meter. Antara Pos-2 dan Pos-3 Siswa harus melewati halang rintang untuk menumbuhkan sikap kehati-hatian, kesabaran dan sungguh-sungguh. Pos-3 siswa di uji dengan tali-temali dasar, siswa juga diminta memakan makanan hasil temuan sebagai pembelajaran survival dan kesiapan mentaati perintah. Di Pos- 4 andrenalin siswa kembali dipacu dengan menyebrang sungai berbatu licin dan berarus cukup deras, pembelajaran yang diambil adalah keberanian, kehati-hatian dan kesiap siagaan. Pos-5 siswa kembali harus di uji keterampilan merayap yang sudah diajarkan dengan melewati “lorong komodo” yang berlumpur. Di Pos-6 siswa berenang di sungai sebagai bentuk aplikasi dan evaluasi kompetensi kuriklulum PSIT. Pos terakhir siswa akhirnya bisa bernafas dengan lega karena mereka meminum-minuman tradisional berupa kunyit asem dan wedang jahe. Minuman tradisional ini tidak asing bagi siswa karena mereka pernah menanam kunyit dan jahe di kebun herbarium dan mempraktekan cara membuat minuman tradisional ini sebagai salah satu kegiatan kepanduan.

“Rasanya nggak sabar ingin ketemu ayah dan ibu untuk memperlihatkan slayer ini”, tukas Salsa senang, salah satu cikal mula yang berhasil memeroleh slayer baru saat upacara penutupan sekaligus pelantikan. Bangga, gembira, semangat dan pengalaman yang tidak terlupakan terlihat dari wajah-wajah mereka. Rasa haru juga nampak dari wajah kak Fauzi Nahdi selaku panitia pengarah ketika Rizki, seorang cikal muda baru, mencium tangannya dengan tulus sambil berucap“Terima kasih ya kak Ozy”.

Mengiringi puncak kegiatan ekspedisi tersebut, sayup-sayup terdengar alunan :

Ku bangga jadi Pandu SIT
Kubela jalan Pandu SIT
Karena Allah kujalani kuatkan kader sejati
Tumbangkan mental tirani

(dari
kumpulan lagu-lagu Pandu SIT)

kiriman : kak Fauzi “ozy” Nahdi

2 Tanggapan to ““PANDU TANGGUH” DARI BOGOR”

  1. aslkm. kak Fauzy ana kirimin lagu-lagu pandunya dong..

  2. saya mau nanya contoh baju olah raga SDIT yang mau saya pesan.
    rencananya bulan depan pasca pendaftaran ane ngirimin ukran bajunya.
    boelh juga deh lagu-lagunya.
    ditunggu yak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: